Strategi Pemasaran Untuk Bisnis E-commerce

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis E-commerce – Epidemi pada tahun 2020 telah memberikan dorongan luar biasa pada bisnis elektronik dan banyak perusahaan terpaksa beralih ke digital. Mungkin Anda baru saja berjualan online dan bertanya-tanya apakah Anda harus terjun ke pemasaran eCommerce.

Antara memilih platform e-niaga, membangun situs web, dan mencoba meningkatkan penjualan, mungkin sulit untuk melakukan semua pekerjaan sekaligus.

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis E-commerce

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis E-commerce

Namun, di sinilah e-marketing berperan. Panduan ini akan memandu Anda memahami konsep beserta strategi terbaik untuk mengubah bisnis Anda menjadi bisnis e-commerce yang sukses.

Peluang Sukses: Memperluas Usaha Mikro Desa Melalui Internet Dan Pemasaran Digital

E-commerce adalah bisnis yang menjual produk melalui website. Ini identik dengan belanja online. Produk tersebut bisa berupa sepatu, kosmetik, buku, makanan, dan lain-lain.

Atau bisa juga dalam bentuk kursus online, kursus pelatihan dan program keanggotaan, makanan siap saji, persewaan busana dan lainnya.

Jika Anda hanya menjual produk melalui situs web, Anda adalah bisnis langsung ke konsumen. Jika Anda memiliki toko virtual dan toko online, model Anda adalah hibrida. Pengecer elektronik juga dapat menjual produk merek lain yang tidak mereka produksi sendiri.

Sekarang setelah Anda mengetahui posisi Anda dalam dunia penjualan online, mari kita lihat beberapa strategi pemasaran eCommerce yang hebat di artikel ini untuk memastikan bisnis Anda berjalan dengan baik.

10 Jenis Pemasaran Ecommerce, Strategi, Dan Tips Membuatnya

Pemasaran e-niaga adalah segala upaya pemasaran yang Anda gunakan untuk mempromosikan toko online Anda dan menghasilkan penjualan. Hal ini berlaku baik untuk memperoleh pelanggan baru (akuisisi pelanggan) maupun membuat pelanggan lama membeli lagi (retensi pelanggan).

Anda tidak akan bisa menjual tanpa e-marketing. Meluncurkan situs e-niaga saja tidak cukup – orang harus menemukan Anda sebelum mereka membelanjakan uang untuk Anda.

Selain itu, Anda harus terus-menerus mengingatkan mereka tentang merek Anda agar mereka terus datang kembali dan menghasilkan pendapatan.

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis E-commerce

Anda akan mendapatkan gambaran lengkap dari banyak pilihan untuk membantu Anda memutuskan mana yang sesuai dengan merek Anda.

5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah

Search Engine Optimization (SEO) membuat website Anda lebih terlihat dan mudah ditemukan di mesin pencari (Google, Bing, dll).

Ini sebagian besar tentang menambahkan kata kunci ke situs web copywriting Anda yang akan digunakan calon pelanggan saat mencari produk seperti milik Anda.

Dengan cara ini, Anda menjaring orang-orang dengan niat membeli yang tinggi, seperti mereka yang menelusuri “sweater pria unik”.

Ini juga merupakan peluang untuk mengubah orang yang tidak mengetahui merek Anda. Terakhir, SEO adalah cara gratis untuk memasarkan bisnis elektronik Anda.

Manajemen Pemasaran: Menghadapi Era Digital Dalam Strategi Bisnis

SEO e-niaga harus dilakukan pada salinan halaman produk situs web Anda (alias deskripsi meta) dan halaman FAQ. Memulai sebuah blog juga akan membantu meningkatkan SEO Anda.

Pemasaran email adalah strategi utama untuk iklan email Anda. Itu saluran Anda karena tidak dimiliki oleh perusahaan besar seperti Facebook, Google atau Amazon. Hal ini membuatnya lebih murah dan lebih dapat diandalkan.

Yang harus Anda lakukan adalah memilih layanan pemasaran email. Kemudian Anda dapat mulai membuat daftar email dan mengirimkan kampanye email kepada mereka. Fitur utama yang harus dicari adalah:

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis E-commerce

Langkah yang Anda lakukan untuk mengonversi pengunjung website sebanyak mungkin disebut dengan optimasi tingkat konversi.

Strategi Pemasaran Digital Industri Fmcg Yang Tak Boleh Dilewatkan Di 2022

Anda bekerja dan/atau membayar lalu lintas Anda, jadi Anda ingin lalu lintas tersebut menghasilkan penjualan. Lalu lintas tanpa pendapatan tidak ada gunanya.

SMS Marketing mengirimkan SMS untuk tujuan promosi. Yang terbaik untuk pemberitahuan, pembaruan, dan penawaran waktu terbatas yang perlu segera dibaca.

Salah satu contohnya adalah SMS otomatis dengan diskon khusus yang dikirimkan pada pagi hari di hari ulang tahun pelanggan. Mengirim pembaruan adalah komunikasi elektronik penting lainnya yang berfungsi baik untuk SMS.

Ini adalah kehadiran Anda yang tidak berbayar di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan di mana pun audiens Anda berada.

Menerapkan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Saat ini sangat penting untuk menemukannya di halaman-halaman ini. Ini adalah cara bagi orang-orang untuk mengetahui bahwa Anda menjalankan bisnis dan sering kali menentukan apakah mereka akan mengunjungi situs Anda.

Saat memasarkan e-commerce, Anda dapat berbagi informasi terbaru dari perusahaan edukasi tentang produk Anda dan mempromosikan aktivitas yang sejalan dengan nilai merek Anda.

Pada dasarnya, topik apa pun yang relevan dengan audiens target Anda kemungkinan besar akan menarik perhatian mereka!

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis E-commerce

Ini adalah saluran penjualan online tambahan bagi mereka yang tidak ingin menelusuri dan membeli produk di website Anda.

Meningkatkan Penjualan Melalui E-commerce: Tips Untuk Umkm

Menjangkau secara organik seringkali tidak cukup untuk e-niaga dan Anda mungkin harus membayar untuk bermain. Artinya, keduanya memiliki dua kesamaan: periklanan dan kampanye pemasaran influencer di Facebook, Instagram, TikTok, dll.

Format periklanan bervariasi menurut platform media sosial. Cobalah untuk mengetahui mana yang terbaik untuk bisnis e-commerce Anda.

Mereka dapat membantu Anda menjangkau audiens yang sulit dijangkau seperti ibu-ibu ramah lingkungan atau penggemar parfum kelas atas. Mereka juga menghadirkan produk-produk yang menjadi bagian dari gaya hidup sehingga memperkuat citra merek.

Beberapa influencer mengenakan biaya, sementara yang lain bekerja berdasarkan komisi. Anda membayar penjualan melalui mereka, bukan eksposur.

Contoh Resume Analis E-niaga (panduan Gratis)

Anda mungkin menemukan bahwa influencer kecil berkonversi lebih baik karena mereka lebih fokus dan disesuaikan dengan niche Anda.

Selain media sosial, Anda juga dapat membayar untuk meningkatkan eksposur mesin pencari. Opsi yang paling populer adalah:

Pemasaran ini bergantung pada jaringan afiliasi atau rujukan yang mengarahkan lalu lintas ke toko online Anda dan memperoleh keuntungan untuk setiap penjualan yang mereka bantu hasilkan.

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis E-commerce

Ini biasanya dilakukan melalui postingan blog di mana mereka membicarakan produk Anda atau sekadar mencantumkan pilihan mereka dalam kategori tertentu.

Pdf) Strategi E-commers Dalam Dunia Bisnis

Influencer yang memposting langsung ke jejaring sosial, menggantikan pemasaran afiliasi, telah menjadi tren e-commerce yang sedang berlangsung. Namun, pemasaran afiliasi masih hidup dan sehat bagi penjual Amazon.

Beri label kampanye email dengan benar sehingga pelanggan memahami bahwa informasi mereka tidak dijual. Pilihan lainnya adalah membuat penawaran lintas merek khusus untuk pelanggan kedua merek.

PR atau hubungan masyarakat mungkin terdengar ketinggalan jaman dalam pemasaran e-commerce, namun sebenarnya tidak. Apalagi saat peluncuran, Anda akan mendapatkan keuntungan karena ditampilkan di media offline dan online.

Ini bisa berupa wawancara dengan pendiri, kutipan dalam artikel (ide hadiah X untuk Y) atau presentasi foto produk Anda.

9 Market Trends Di Tahun 2021 Untuk Strategi Bisnis Anda

Dan jangan lupa tentang acara dan peluang sponsorship. Memutuskan hubungan dan bertemu langsung dengan pelanggan adalah praktik yang baik untuk e-bisnis.

Praktik terbaik di sini adalah dengan hati-hati memilih peristiwa yang mendorong Anda untuk semakin dekat dengan tujuan Anda, bukan memisahkannya.

Konten adalah strategi pemasaran lain yang dapat memberikan hasil jangka panjang untuk e-commerce. Konten tersedia dalam beberapa format:

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis E-commerce

Tujuan pemasaran konten adalah menjawab pertanyaan edukatif, memperluas narasi perusahaan, membantu orang memilih produk, dan bahkan menghibur.

Strategi Pemasaran Digital Untuk Spesialis Pemasaran Digital

Ini adalah kesempatan Anda untuk menceritakan kisah Anda, berbagi keterampilan dan nilai-nilai Anda, mengatasi potensi masalah dan meyakinkan calon pelanggan atau pelanggan saat ini bahwa Anda adalah perusahaan yang baik untuk membeli.

Hal terbaik tentang konten adalah setelah dibuat, konten tersebut akan berfungsi untuk Anda. Jika dioptimalkan untuk pencarian dan mudah ditemukan di situs, ini dapat meningkatkan tingkat konversi Anda.

Strategi e-marketing adalah apa yang Anda rencanakan untuk digunakan untuk mempromosikan toko online Anda dan meningkatkan penjualan.

Strategi ini merupakan gagasan jangka panjang tentang ke mana arah bisnis e-commerce Anda. Strategi ini didasarkan pada pengetahuan Anda tentang pasar, tren, riset konsumen, harga, merek, dan produk.

5 Contoh Strategi Digital Marketing Yang Bisa Anda Jalankan

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu Anda memilih “senjata perang” atau biasa disebut strategi pemasaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

E-commerce adalah industri besar dengan produk, model bisnis, dan kelompok sasaran yang tak terhitung jumlahnya sehingga mustahil untuk membuktikan satu praktik terbaik.

Apa yang berhasil untuk satu penjual dengan produk tertentu mungkin tidak berhasil untuk penjual lain yang menjual produk berbeda ke audiens berbeda di pasar berbeda.

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis E-commerce

Berikut beberapa tip pemasaran global untuk membantu Anda mengembangkan dan meningkatkan strategi pemasaran elektronik Anda.

Training Pemasaran Bisnis Online E-commerce

Beberapa di antaranya berhasil, tetapi tidak ada gunanya meniru apa yang dilakukan pesaing Anda. Carilah apa yang bisa lebih baik. Ini bisa menjadi keunggulan kompetitif Anda.

Sebelum Anda mendapatkan informasi pribadi berdasarkan proyeksi Anda tentang standar industri. Ini akan memberi Anda instruksi untuk digunakan.

Seperti yang Anda lihat, ada begitu banyak hal dalam pemasaran eCommerce yang bisa membuat Anda kewalahan. Untungnya, ada banyak alat untuk membantu Anda memulai banyak strategi yang ditampilkan dengan harga terjangkau.

Semakin banyak yang dapat Anda lakukan tanpa bantuan, semakin baik. Di sinilah strategi otomatisasi pemasaran seperti email massal, alur kerja otomatis, peringatan, dan penilaian prospek menjadi berguna.

Ini Dia 5 Langkah Sukses Bisnis E-commerce

Periklanan, email, SMS, dan obrolan langsung memberikan hasil yang lebih baik jika bersifat pribadi dan relevan. Pelanggan menyukai pengalaman dipahami daripada hanya menerima pesan umum.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah strategi pemasaran elektronik berhasil adalah dengan melacak laba atas investasi (ROI) Anda. Kampanye yang tidak membuahkan hasil tidak akan menghasilkan uang. Untuk kampanye yang sukses, coba gunakan pada audiens yang lebih besar, bilas dan ulangi.

Loyalitas pelanggan adalah kabar baik: meningkatkan keuntungan, meningkatkan citra merek Anda, menarik pelanggan baru yang mengetahui tentang Anda dari penggemar.

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis E-commerce

Dan ini memiliki efek jangka panjang, jadi lakukanlah sesegera mungkin. Tingkat loyalitas, otomatisasi, dan pemahaman tentang perilaku CRM akan membantu Anda.

Memanfaatkan Video Marketing Dalam Strategi Pemasaran Internet

Penjualan satu kali lebih mahal bagi Anda karena biaya iklan, serta lebih banyak pengembalian dan konversi (pelanggan baru tidak mengetahui ukurannya, dll.)

Rencana pemasaran e-niaga adalah jadwal aktivitas yang termasuk dalam strategi Anda. Berikut adalah cetak biru bagaimana Anda akan mencapai tujuan pemasaran elektronik Anda.

Saat Anda memulai, buatlah tetap sederhana. Pilih strategi pemasaran yang sesuai dengan merek Anda dan Anda akan dapat mengelolanya dengan mudah.

Saya mengikuti

Strategi Pemasaran Digital Marketing Di Era Globalisasi

Artikel Terkait

Leave a Comment