Menggunakan Analisis Kompetitif Untuk Memperkuat Bisnis
Menggunakan Analisis Kompetitif Untuk Memperkuat Bisnis – Analisis kompetitif melibatkan identifikasi pesaing langsung dan tidak langsung Anda dan membandingkan kekuatan dan kelemahan mereka. Panduan ini menjelaskan cara membuat analisis persaingan dan cara menggunakan strategi pemasaran ini untuk meningkatkan bisnis Anda.
Baik Anda menjalankan bisnis atau bermain sepak bola, memahami persaingan sangat penting untuk kesuksesan. Meskipun tidak mungkin mencetak gol di kantor, tujuan Anda adalah mencapai kesepakatan dengan pelanggan atau menarik pelanggan dengan produk Anda. Atlet dan pengusaha sama-sama bersiap. Setelah Anda memahami kekuatan dan kelemahan Anda dibandingkan pesaing Anda, kinerja Anda akan meningkat.
Menggunakan Analisis Kompetitif Untuk Memperkuat Bisnis
Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah dalam membuat analisis persaingan dan bagaimana Anda dapat menggunakan strategi pemasaran ini untuk meningkatkan bisnis Anda. Dengan templat analisis pesaing gratis kami, Anda dapat menentukan siapa yang Anda hadapi dan membuat rencana bisnis yang lebih berwawasan luas.
Analisis Swot Dalam Bisnis: Pengertian, Proses, Dan Strateginya
Analisis kompetitif melibatkan identifikasi pesaing langsung dan tidak langsung melalui penelitian.
Pesaing langsung menjual produk yang sama kepada khalayak yang sama seperti Anda, dan pesaing tidak langsung menjual produk yang sama kepada khalayak berbeda. Setelah Anda mengetahui pesaing Anda, Anda dapat menggunakan informasi yang dikumpulkan untuk melihat posisi Anda di pasar.
Tujuan dari analisis tersebut adalah untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar dan meningkatkan strategi bisnis. Tanpa analisis kompetitif, sulit untuk mengetahui apa yang dilakukan orang lain untuk menarik pelanggan atau klien di target pasar Anda. Laporan analisis persaingan meliputi:
Anda dapat membandingkan setiap detail produk atau layanan Anda dengan pesaing Anda dan mengevaluasi efektivitas strategi Anda. Dengan membandingkan indikator kinerja antar perusahaan, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan data.
5 Strategi Bisnis Terbaik Untuk Hadapi Persaingan Pasar
Ikuti lima langkah berikut untuk membuat laporan analisis persaingan dan mendapatkan gambaran besar tentang posisi pasar Anda. Proses ini akan membantu Anda menganalisis beberapa pesaing sekaligus dan lebih dekat dengan target pelanggan Anda.
Langkah pertama adalah memilih lima hingga 10 pesaing untuk dibandingkan dengan perusahaan Anda. Pesaing pilihan Anda harus memiliki penawaran produk atau layanan dan model bisnis yang serupa. Anda juga harus mengintegrasikan pesaing langsung dan tidak langsung sehingga Anda dapat melihat bagaimana pasar baru akan mempengaruhi bisnis Anda. Memilih pesaing baru dan berpengalaman akan semakin mendiversifikasi analisis Anda.
Tip: Telusuri produk atau layanan Anda di Google atau Amazon untuk menemukan pesaing di industri Anda. Hasil teratas yang muncul mungkin adalah pesaing Anda. Jika Anda seorang pemula atau melayani ceruk pasar, Anda mungkin ingin menggali lebih dalam peringkat Anda untuk menemukan pesaing langsung.
Setelah Anda mengetahui pesaing yang ingin Anda analisis, Anda memulai riset pasar yang mendalam. Bentuknya adalah kombinasi penelitian primer dan sekunder. Riset primer berasal langsung dari pelanggan atau produk itu sendiri, sedangkan riset sekunder mengumpulkan informasi. Kemudian lacak data yang dikumpulkan dalam model riset pengguna.
Kenali Cara Menggunakan Fitur Semrush Competition Metric
Tip: Alat analisis mesin pencari seperti Ahrefs dan SEMrush dapat membantu Anda menganalisis situs web pesaing dan mendapatkan wawasan SEO penting seperti kata kunci target, jumlah tautan ke situs tersebut, dan kinerja situs secara keseluruhan.
Langkah analisis selanjutnya adalah membandingkan produk Anda dengan produk pesaing. Dalam perbandingan ini, fitur-fitur produk harus dijelaskan satu per satu. Meskipun setiap produk memiliki karakteristiknya masing-masing, sebagian besar produk meliputi:
Tip: Jika daftar fitur terlalu panjang, persingkat langkah ini dengan membuat daftar fitur yang menurut Anda paling penting untuk analisis Anda. Fitur utama meliputi biaya, manfaat produk, dan kemudahan penggunaan.
Langkah analisis selanjutnya mirip dengan langkah sebelumnya, kecuali Anda membandingkan upaya pemasaran pesaing dan bukan produk. Berbeda dengan matriks fitur produk yang dibuat, Anda harus menggali lebih dalam untuk menemukan rencana pemasaran masing-masing perusahaan.
Menerapkan Desain Identitas Merek Yang Memperkuat Nilai Dan Misi Bisnis
Saat Anda menganalisis hal di atas, ajukan pertanyaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi pemasaran masing-masing perusahaan. Pertanyaan yang mungkin ingin Anda ajukan mungkin berbeda menurut industri, namun mungkin mencakup:
Tip: Pada tahap ini, Anda dapat mengidentifikasi target demografi pesaing Anda dengan menggunakan basis pelanggan mereka melalui situs web atau testimonial. Informasi ini dapat membantu Anda membuat profil pelanggan. Dengan memvisualisasikan siapa yang secara aktif ditargetkan oleh pesaing Anda, Anda dapat lebih memahami taktik pemasaran mereka.
Daya saing akan menjadi bagian penting dari kerangka analisis persaingan Anda, namun setelah Anda mengumpulkan informasi, Anda dapat kembali fokus pada bisnis. Analisis SWOT membantu Anda mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan Anda. Analisis ini juga mengubah kelemahan menjadi peluang dan membantu Anda menilai ancaman kompetitif Anda.
Tip: Riset Anda pada langkah analisis persaingan sebelumnya akan membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan menyelesaikan analisis SWOT. Anda dapat memvisualisasikan hasil Anda dalam matriks SWOT, yaitu tabel yang dibagi menjadi empat kategori.
Mengukir Keunggulan Kompetitif Desa Melalui Panda Sid
Langkah terakhir dalam analisis persaingan adalah memahami posisi Anda dalam lanskap pasar. Untuk melakukannya, buatlah grafik dengan sumbu X dan Y, yang mewakili faktor terpenting yang bersaing di pasar Anda.
Misalnya, sumbu X mewakili kepuasan pelanggan dan sumbu Y mewakili kehadiran pasar. Kemudian Anda mencantumkan setiap pesaing dalam grafik berdasarkan koordinat (x, y). Dengan mencantumkan perusahaan Anda pada bagan ini, ini akan menunjukkan posisi Anda dibandingkan pesaing Anda.
Petunjuk: Dalam contoh ini, Anda melihat tiga perusahaan yang memiliki posisi pasar lebih tinggi dan kepuasan pelanggan lebih tinggi dibandingkan perusahaan Anda, namun dua perusahaan yang memiliki posisi pasar yang sama namun kepuasan pelanggan lebih tinggi. Data ini memulai proses pemecahan masalah karena Anda kini mengetahui pesaing mana yang merupakan ancaman terbesar dan Anda dapat melihat di mana letak kelemahan Anda.
Bayangkan Anda bekerja untuk perusahaan pemasaran yang menyediakan SEO untuk dokter gigi, sebuah industri khusus dengan sedikit pesaing. Anda memutuskan untuk membuat analisis pasar untuk perusahaan Anda. Untuk melakukan ini:
Roadmap Bisnis Efektif: Langkah-langkah Praktis Yang Adaptif
Setelah mentabulasi informasi ini, Anda dapat memikirkan strategi unik. Anda dapat menggunakan lokasi untuk mengalahkan pesaing Anda. Daripada menjual ke dokter gigi secara nasional seperti pesaing Anda, Anda memutuskan untuk memfokuskan strategi pemasaran Anda pada satu wilayah, negara bagian, atau kota. Setelah Anda menjadi perusahaan SEO dokter gigi terbaik di kota itu, Anda membuka cabang.
Anda tidak akan mengetahui kesimpulan yang Anda ambil dari analisis persaingan sampai Anda menyelesaikan pekerjaan dan melihat hasilnya. Baik Anda memutuskan strategi penetapan harga baru, seperti meningkatkan pasar atau mengubah produk, memahami pesaing Anda memberikan informasi penting.
Ada beberapa kelemahan analisis persaingan yang harus dipertimbangkan sebelum melanjutkan dengan laporan. Meskipun kekurangan ini kecil, memahaminya dapat menjadikan Anda manajer atau pemilik bisnis yang lebih baik.
Anda tidak hanya ingin mengumpulkan informasi dari analisis persaingan. Anda juga ingin mengambil tindakan terhadap informasi ini. Datanya sendiri hanya menunjukkan kesesuaian lokasi Anda dengan lanskap pasar. Kunci dari analisis persaingan adalah menggunakannya untuk memecahkan masalah dan meningkatkan rencana strategis perusahaan.
Performa Maksimal, Penjualan Optimal: 5 Trik Membuat Koleksi Produk Pilihan Untuk Fmcg Brands Di Marketplace
Bias konfirmasi mengacu pada penafsiran informasi berdasarkan keyakinan yang sudah Anda miliki. Ini buruk karena menyebabkan Anda berpegang pada keyakinan yang salah. Untuk menghindari bias, Anda harus mengandalkan semua data untuk mendukung keputusan Anda. Dalam contoh di atas, pemilik bisnis mungkin menganggap mereka sebagai tim SEO media sosial terbaik di pasar. Karena keyakinan ini, ketika mereka melakukan riset pasar untuk jejaring sosial, mereka dapat mengumpulkan informasi yang cukup untuk membuktikan bias mereka, meskipun pesaing mereka secara statistik lebih baik dalam media sosial. Namun, jika mereka mengandalkan seluruh data, mereka bisa menghilangkan bias ini.
Laporan analisis persaingan memberikan gambaran tentang lanskap pasar saat ini. Laporan ini membantu Anda mendapatkan informasi yang cukup untuk mengubah bisnis Anda, namun kecuali Anda memperbarui informasi secara rutin, laporan tersebut tidak boleh digunakan lagi. Tren pasar selalu berubah, dan meskipun sulit untuk selalu memperbarui laporan Anda, hal ini akan memastikan bahwa Anda selalu memiliki informasi yang akurat tentang pesaing Anda.
Mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing Anda akan membuat Anda menjadi pemasar yang lebih baik. Jika Anda tidak mengetahui pesaing Anda, Anda tidak bisa mengalahkan mereka. Gunakan analisis kompetitif untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda dan melibatkan audiens target Anda lebih cepat.
Analisis kompetitif harus dapat ditindaklanjuti, artinya menindaklanjuti temuan dengan tujuan bisnis yang jelas dan rencana bisnis yang solid. Setelah melakukan analisis kompetitif, Anda dapat menggunakan template berikut untuk mengimplementasikan rencana Anda. Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, setiap pemilik bisnis harus memahami posisi bisnisnya di pasar. Alat yang sangat efektif untuk mencapai pemahaman ini adalah analisis SWOT. Pendekatan ini terbukti membantu usaha kecil dan menengah (UKM) mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi bisnis mereka.
Cara Melakukan Analisis Kompetitif Seo
Dengan melakukan analisis SWOT secara menyeluruh, pemilik bisnis dapat mengembangkan strategi yang lebih baik dan memaksimalkan potensi pertumbuhan.
Analisis SWOT adalah metode evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi empat aspek utama suatu perusahaan: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman. Kekuatan dan kelemahan merupakan faktor internal yang berasal dari bisnis itu sendiri, sedangkan peluang dan ancaman merupakan faktor eksternal yang dipengaruhi oleh lingkungan eksternal.
Melakukan analisis SWOT yang efektif memerlukan pendekatan terstruktur. Berikut langkah-langkah membuat analisis SWOT untuk UKM:
Kekuatan merupakan faktor positif yang dimiliki suatu perusahaan dan memberikan keunggulan kompetitif di pasar. Beberapa contoh bagus untuk UKM adalah:
Peluang Bisnis Online Terbuka Lebar Di Era Digital
Untuk mengidentifikasi kekuatan, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini: Apa yang perusahaan Anda lakukan lebih baik dibandingkan pesaing? Apa yang disukai pelanggan tentang produk atau layanan Anda?
Kelemahan merupakan elemen yang menghambat kinerja bisnis dan harus diperbaiki. Berikut adalah beberapa contoh kelemahan yang mungkin dimiliki oleh perusahaan kecil dan menengah